Peranan Website Dalam Bisnis
Sekarang, siapa sih yang tidak mengenal internet ? Pada zaman yang disebut era digital ini hampir semua kalangan masyarakat mengetahui dan dengan mudah dapat mengakses internet. Hampir semua kegiatan komersial dapat ter dukung oleh perkembangan teknologi dengan didukung oleh internet. Begitu pula dengan perkembangan bisnis dan pasar, dengan adanya sistem online setiap perusahaan baik itu usaha kecil maupun perusahaan besar harus mengimbangi perkembangan teknologi yang semakin berkembang. Maka dari itu peranan memiliki website dalam berbisnis untuk mendukung perkembangan dan pemasaran sebuah bisnis tersebut sangat diperlukan

Manfaat Website dalam Bisnis

Website atau biasa disebut dengan situs web, adalah laman web yang saling berkaitan. Biasanya laman web tersebut berada dalam satu hal yang sama. Dimana laman web tersebut berisi kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, organisasi atau kelompok. Website sendiri didukung oleh nama domain atau disebut juga dengan alamat website serta hosting atau isi website yang akan diakses. Oleh karena itu peranan website sangat diperlukan. Untuk mengimbangi perkembangan yang semakin maju, dimana orang lebih memilih mengakses internet daripada membaca dan mendapatkan brosur.
Jadi apa sebenarnya manfaat website dalam Bisnis ? Agar tidak semakin penasaran, berikut ini merupakan manfaat dari website dalam bisnis :

  1. Memberikan kemudahan Informasi Sebagai media pemasaran
    Website berperan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa yang ditawarkan. Dengan adanya website konsumen akan lebih mudah mengetahui tentang bisnis tersebut. Dengan memiliki sebuah website, perusahaan juga akan mudah untuk memperbarui informasi bisnis. Seperti jadwal kegiatan dan informasi terbaru. Maka dengan adanya website, konsumen maupun calon konsumen tetap bisa mengetahui perkembangan terbaru dari perusahaan walaupun jaraknya sangat jauh.
  2. Sarana pemasaran produk lebih luas
    Sebuah bisnis pasti akan menawarkan produk berupa barang ataupun jasa. Dalam hal ini, peranan website sangat diperlukan. Dengan menggunakan media website akan mempermudah melakukan pemasaran produk. Dalam hal ini website dapat berperan sebagai wadah galeri atau katalog yang bisa menyimpan berbagai informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Produk tersebut akan dipasarkan dengan jangkauan lebih luas dibandingkan toko offline atau iklan-iklan yang tidak bersifat daring. Jadi dengan adanya website maka konsumen atau calon konsumen akan lebih mudah membeli barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tanpa ada batasan wilayah.
  3. Media transaksi tak terbatas
    Sebagai media transaksi, website mempermudah komunikasi antara pebisnis dan konsumen. Dengan menggunakan website konsumen dapat melakukan transaksi kapan saja dan dimana saja. Bahkan jika di kelola dengan baik maka transaksi bisa dilakukan 24 jam. Dengan demikian pelayanan kepada pelanggan akan lebih mudah dan nyaman.
  4. Sebagai publikasi resmi perusahaan
    Perusahaan dapat menjadikan website sebagai media publikasi resmi. Dengan demikian, maka perusahaan dapat mengumumkan atau melekukkan hal apapun dalam website tersebut. Jika sebuah perusahaan sudah memiliki tempat publikasi resmi, maka konsumen akan semakin percaya dengan perusahaan tersebut. Perusahaan juga lebih mudah dalam hal memperluas jaringan dan menemukan mitra dalam berbisnis.
    Demikian merupakan peranan website dalam hal bisnis. Jika dibandingkan dengan pelayanan bisnis biasa, menggunakan website lebih dapat memudahkan dan meningkatkan pelayanan terhadap konsumen maupun calon konsumen. Selain itu jangkauan dan pemasaran juga akan lebih luas dibandingkan pemasaran dan bisnis biasa. Semakin berkembangnya zaman maka kehidupan akan semakin dipermudah oleh perkembangan teknologi.